BAB III
KESIMPULAN
Berikut penulis paparkan kesimpulan dari apa yang sudah
dibahas dalam bab II, yaitu:
1) Analisis
pesaing bertujuan untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, atau permasalahan
strategis yang terjadi sebagai akibat dari adanya sebuah persaingan. Adapun
analisis pesaing terdiri dari beberapa kegiatan, di antaranya mengidentifikasi
pesaing dari sudut pandang industri dan sudut pandang pasar; menilai pesaing dengan cara mengetahui tujuan
pesaing, mengidentifikasi strategi pesaing, menilai kekuatan dan kelemahan
pesaing, dan memperkirakan reaksi
pesaing terhadap tindakan atau gerakan pesaing lainnya; dan menentukan
pesaing yang akan diserang atau dihindari.
2) Pesaing
dalam dunia bisnis tidak hanya berpengaruh negatif dan menjadi ancaman
perusahaan, namun juga memberikan dampak positif. Perusahaan dapat menjadi
mitra dan jaringan di dunia bisnis untuk meningkatkan kredibilitas dan variasi
produk yang dimiliki perusahaan di mata masyarakat konsumen. Selain itu,
kompetitor juga dapat menjadikan perusahaan lebih kreatif dan memberikan
dorongan kepada perusahaan untuk menemukan gagasan baru dalam mencapai solusi
agar tetap bisa survive dalam dunia
bisnis. Kompetitor juga memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk dapat
mengevaluasi perkembangan bisnisnya dengan membandingkan kekurangan dan
kelebihan yang dimiliki perusahaan dengan pesaing.
3) Untuk
menghadapi para pesaing, terdapat beberapa strategi positioning kompetitif dasar yang dapat diimplementasikan di
perusahaan, di antaranya strategi pemimpin pasar (Market
Leader), strategi
penantang pasar (Market Challenger), strategi
pengikut pasar (Market Follower), strategi
relung pasar (Market Nicher).Suatu
perusahaan harus mengamati pesaingnya dan menemukan strategi pemasaran
kompetitif yang paling efektif dalam memposisikan perusahaan, serta harus terus
menyesuaikan strateginya terhadap lingkungan kompetitif yang cepat berubah untuk
memenangkan persaingan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar