Minggu, 26 Oktober 2014

-BAB III



BAB III
KESIMPULAN


Berikut penulis paparkan kesimpulan dari apa yang sudah dibahas dalam bab II, yaitu:
1)      Analisis pesaing bertujuan untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, atau permasalahan strategis yang terjadi sebagai akibat dari adanya sebuah persaingan. Adapun analisis pesaing terdiri dari beberapa kegiatan, di antaranya mengidentifikasi pesaing dari sudut pandang industri dan sudut pandang pasar; menilai pesaing dengan cara mengetahui tujuan pesaing, mengidentifikasi strategi pesaing, menilai kekuatan dan kelemahan pesaing, dan memperkirakan reaksi pesaing terhadap tindakan atau gerakan pesaing lainnya; dan menentukan pesaing yang akan diserang atau dihindari.
2)      Pesaing dalam dunia bisnis tidak hanya berpengaruh negatif dan menjadi ancaman perusahaan, namun juga memberikan dampak positif. Perusahaan dapat menjadi mitra dan jaringan di dunia bisnis untuk meningkatkan kredibilitas dan variasi produk yang dimiliki perusahaan di mata masyarakat konsumen. Selain itu, kompetitor juga dapat menjadikan perusahaan lebih kreatif dan memberikan dorongan kepada perusahaan untuk menemukan gagasan baru dalam mencapai solusi agar tetap bisa survive dalam dunia bisnis. Kompetitor juga memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk dapat mengevaluasi perkembangan bisnisnya dengan membandingkan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki perusahaan dengan pesaing.
3)      Untuk menghadapi para pesaing, terdapat beberapa strategi positioning kompetitif dasar yang dapat diimplementasikan di perusahaan, di antaranya strategi pemimpin pasar (Market Leader), strategi penantang pasar (Market Challenger), strategi pengikut pasar (Market Follower), strategi relung pasar (Market Nicher).Suatu perusahaan harus mengamati pesaingnya dan menemukan strategi pemasaran kompetitif yang paling efektif dalam memposisikan perusahaan, serta harus terus menyesuaikan strateginya terhadap lingkungan kompetitif yang cepat berubah untuk memenangkan persaingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar