BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Sebagai salah
satu bentuk entitas dalam dunia bisnis, perusahaan akan selalu menjalankan
aktivitasnya untuk memperoleh laba. Dalam proses pemerolehan keuntungan
tersebut, sebuah perusahaan dipengaruhi berbagai kondisi lingkungan, baik
internal maupun eksternal. Lingkungan internal sifatnya berpengaruh langsung
terhadap setiap program, kebijakan, dan kinerja bisnis perusahaan. Sedangkan
lingkungan eksternal adalah lingkungan umum serta lingkungan industri di luar
perusahaan yang berpotensi menjadi suatu peluang atau hambatan bagi perusahaan
itu sendiri. Adapun salah satu bentuk
pengaruh lingkungan eksternal terhadap perusahaan yaitu munculnya persaingan
dengan kompetitor.
Persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang tidak dapat
dihindari. Bahkan persaingan akan semakin ketat
jika usaha yang didirikan merupakan usaha yang potensial dan menjanjikan dari
segi profit. Dengan adanya kondisi ini, maka perusahaan dihadapkan pada
berbagai peluang dan ancaman yang akan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha.
Namun seberapa besarkah pengaruh para pesaing terhadap eksistensi perusahaan? Untuk
menjawab pertanyaan tersebut dibutuhkan upaya perusahaan untuk menganalisa perkembangan
para pesaingnya.
Selain itu, setiap perusahaan juga dituntut untuk dapat
membaca kondisi yang terjadi di pasar dan memahami apa yang menjadi keinginan
konsumen, serta siap dengan berbagai perubahan yang terjadi di lingkungan
bisnis sehingga mampu bersaing dengan para kompetitor lainnya. Dengan demikian,
diperlukan adanya sebuah strategi yang tepat yang dapat menuntun pemilik usaha
untuk mengambil keputusan dan langkah-langkah tertentu untuk mempertahankan
eksistensinya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mengambil judul
makalah “Analisis Pesaing dalam Menentukan Strategi untuk Mempertahankan
Eksistensi Perusahaan”.
1.2. Rumusan Masalah
Di bawah ini penulis memaparkan
beberapa rumusan masalah, di antaranya:
1) Bagaimana
langkah-langkah dalam upaya menganalisis kompetitor?
2) Bagaimana
pengaruh kompetitor terhadap keberlangsungan perusahaan?
3) Apa
saja strategi bersaing yang dapat diterapkan untuk mempertahankan eksistensi
perusahaan dalam dunia bisnis?
1.3. Tujuan dan Manfaat
Adapun penulisan makalah ini
bertujuan untuk:
1) Memaparkan
langkah-langkah dalam upaya menganalisis pesaing.
2) Mengidentifikasi
pengaruh kompetitor terhadap keberlangsungan perusahaan dengan cara menganalisa
para kompetitor.
3) Mengetahui
strategi-strategi bersaing yang dapat diterapkan dalam upaya mempertahankan
eksistensi perusahaan dalam dunia bisnis.
1.4. Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah ini, penulis
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penulis
mengumpulkan data-data terkait pembahasan yang diangkat dari beberapa sumber
relevan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar