Minggu, 26 Oktober 2014

-BAB I



BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Sebagai salah satu bentuk entitas dalam dunia bisnis, perusahaan akan selalu menjalankan aktivitasnya untuk memperoleh laba. Dalam proses pemerolehan keuntungan tersebut, sebuah perusahaan dipengaruhi berbagai kondisi lingkungan, baik internal maupun eksternal. Lingkungan internal sifatnya berpengaruh langsung terhadap setiap program, kebijakan, dan kinerja bisnis perusahaan. Sedangkan lingkungan eksternal adalah lingkungan umum serta lingkungan industri di luar perusahaan yang berpotensi menjadi suatu peluang atau hambatan bagi perusahaan itu sendiri. Adapun salah satu bentuk pengaruh lingkungan eksternal terhadap perusahaan yaitu munculnya persaingan dengan kompetitor.
Persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Bahkan persaingan akan semakin ketat jika usaha yang didirikan merupakan usaha yang potensial dan menjanjikan dari segi profit. Dengan adanya kondisi ini, maka perusahaan dihadapkan pada berbagai peluang dan ancaman yang akan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha. Namun seberapa besarkah pengaruh para pesaing terhadap eksistensi perusahaan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dibutuhkan upaya perusahaan untuk menganalisa perkembangan para pesaingnya.
Selain itu, setiap perusahaan juga dituntut untuk dapat membaca kondisi yang terjadi di pasar dan memahami apa yang menjadi keinginan konsumen, serta siap dengan berbagai perubahan yang terjadi di lingkungan bisnis sehingga mampu bersaing dengan para kompetitor lainnya. Dengan demikian, diperlukan adanya sebuah strategi yang tepat yang dapat menuntun pemilik usaha untuk mengambil keputusan dan langkah-langkah tertentu untuk mempertahankan eksistensinya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mengambil judul makalah “Analisis Pesaing dalam Menentukan Strategi untuk Mempertahankan Eksistensi Perusahaan”.  
           
1.2. Rumusan Masalah
Di bawah ini penulis memaparkan beberapa rumusan masalah, di antaranya:
1)      Bagaimana langkah-langkah dalam upaya menganalisis kompetitor?
2)      Bagaimana pengaruh kompetitor terhadap keberlangsungan perusahaan?
3)      Apa saja strategi bersaing yang dapat diterapkan untuk mempertahankan eksistensi perusahaan dalam dunia bisnis?

1.3. Tujuan dan Manfaat
            Adapun penulisan makalah ini bertujuan untuk:
1)      Memaparkan langkah-langkah dalam upaya menganalisis pesaing.
2)      Mengidentifikasi pengaruh kompetitor terhadap keberlangsungan perusahaan dengan cara menganalisa para kompetitor.
3)      Mengetahui strategi-strategi bersaing yang dapat diterapkan dalam upaya mempertahankan eksistensi perusahaan dalam dunia bisnis.

1.4. Metode Penulisan
            Dalam penulisan makalah ini, penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penulis mengumpulkan data-data terkait pembahasan yang diangkat dari beberapa sumber relevan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar